Sabtu, 31 Desember 2011

Muffin Nyaris Gagal


Pencuci mulut untuk malam tahun baru kali ini. Muffin. Saya sudah lama mupeng ingin membuat makanan yang satu ini. Akhirnya kesampean juga. Meski hasilnya "nyaris" gagal. Bukan soal rasa. Rasanya tetap coklat dan manis. Tapi bentuknya, absurd. Dari luar memang cantik. Tapi dalamnya rentan dan mudah hancur. Selain karena saya sedikit melenceng dari rule, yang harusnya dikukus tapi muffin ini saya panggang, alibi lainnya adalah karena tidak sabaran. Wkwkwk, itu penyakit kritis.
Resepnya didapat dari internet juga. Namun saya tahu diri kok dan tidak akan menyalahkan resep berikut:

Bahan:
60 g margarin, lelehkan
50 ml susu cair
1 butir telur
75 g gula pasir
100 g tepung terigu
15 g coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan soda kue. Aduk rata, sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang kurang lebih 10 menit.
3. Masukkan susu cair dan campuran tepung terigu secara bergantian sambil diaduk perlahan.
4. Tuang margarin leleh, aduk hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin yang telah dialas kertas cup hingga penuh.
6. Panaskan kukusan, kukus adonan muffin selama 20 menit dengan api besar hingga matang.
7. Angkat, keluarkan dari cetakan, sajikan.

2 komentar:

  1. mintak ka :) huah,, tingal diruma rizka b men cak ini huahha :D

    BalasHapus
  2. next time ya, kalo kto ngumpul. terus aku lagi mood buatny. wkwkwk

    BalasHapus