Sabtu, 31 Desember 2011

Sukarno Urban Bust by Damn! I Love Indonesia



Setelah meluncurkan Urban Batik, April 2011 lalu kini Damn! I Love Indonesia kembali bereksplorasi dengan menjargonkan Sukarno Urban Bust melalui Damn Supra Color Limited Edition Sukarno Urban Bust. Project yang keluar 26 Oktober ini turut menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda. Dikutip dari ikebayoran.com, pemilik label Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta ingin menginternasionalkan karya bangsa melalui bust ini serta menyuarakan kembali semangat patriotisme.
Sukarno Urban Bust merupakan produk berupa patung vinil Soekarno berbahan dasar tanah liat dan berkonsep 2D dan 3D serta mencakup 3 gambar eksklusif yang belum pernah dirilis sebelumnya. Ukuran patung dibuat menyerupai asli dengan detail atribut dan dalam berbagai warna. Spesifikasi, tinggi: 18 inci, berat: 5,1 kg, dimensi (3D): 44 cm x 26,5 cm x 67.5 cm, dan volume: 13.2 kg.
Keistimewaan dari produk ini adalah jumlahnya yang terbatas, yaitu  emas dan silver masing-masing 250 pcs dan didistribusikan melalui negara Inggris, Amerika, Taiwan dan Jepang. Warna magenta dan lime green akan menyusul pada 12 Januari 2012 mendatang, masing-masing 150 pcs yang bertujuan menghidupkan kembali nasionalisme dan patriotisme melalui warna-warna urbannya. Tidak ketinggalan Certificate of Originality dengan Limited Edition Number berstandar internasional dan ditandatangani chairman Yayasan Bung Karno yang selama ini aktif mengumpulkan dan melestarikan benda-benda seni dan non-seni milik Soekarno yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
Patung Presiden pertama Indonesia ini dibuat langsung oleh putra bangsa, Win Satrya, yang merupakan seniman sekaligus Urban Toys Artist dan Co. Founder Damn! I Love Indonesia. Ikut ambil bagian anak Soekarno, Guruh Soekarnoputra, sebagai salah satu pendiri Yayasan Bung Karno dan orang yang mengenal Sang Proklamator dengan baik.
Pemilihan tokoh Soekarno menjadi model dikarenakan jasanya terhadap Indonesia dan polularitasnya dimata dunia sebagai pemimpin kharismatik, cerdas dan berani serta keterlibatannya dalam berbagai asosiasi dunia. Promotor Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki, 2005 lalu atas solidaritas internasionalnya melawan penindasan ini sangat menginspirasi Damn! I Love Indonesia yang baru berdiri 2008 silam.
Diluncurkan di Grand Indonesia, Jakarta Selatan, Daniel Mananta berharap patung ini tidak hanya sebagai produk belaka. Tapi juga untuk eksistensi bakat pemuda Indonesia secara global dan semoga dapat melecutkan semangat pemuda lain agar berkarya dan berbuat sesuatu untuk Indonesia. Rizka, Damn! I Love Indonesia.

8 komentar:

  1. Jas merah :) pesan soekarno yg smpai kini masih ad d ingatanku
    @ardian_jr

    BalasHapus
  2. @ian: yap, sejarah. masa lalu itu modal untuk masa depan.
    @maman: batik=eksotik. sama kayak kulit kita. wkwkwk

    BalasHapus
  3. hidup batik dan hidup pak soekarno hehehe :)

    BalasHapus
  4. peh qt buat gaun batik hihihi :D

    BalasHapus
  5. @sinta: ayuk. *dr jaman jebot kt janjian* wkwk

    BalasHapus
  6. @mb men: gek kto buat dewek yo. patung david :D

    BalasHapus